PENGELOLAH BLOG

Jumat, 02 Maret 2012

Sejarah Sunan Kali Jaga di Surowiti

Sejarah Sunan Kali Jaga di Surowiti

I. Asal Usul
Ada pendapat bahwa sejarah tentang asal – usul Sunan Kali Jaga ada tiga versi  yaitu : Arab, China dan Jawa. Memang sejarah indonesia sebelum ada catatan belanda sangat tidak akurat, sulit dipercaya dan selalu ada banyak versi karena sejarah tersebut lebih banyak disampaikan dari mulut ke mulut.
Senada dengan hal itu sejarah Jawa yang tercatat dalam buku – buku Babat biasanya tercampur dengan dongeng dan mitos. Demikian pula tentang sejarah Sunan Kali Jaga, yang walaupun terjadi pada Abad ke-15 tidak disertai dengan keterangan tentang tahun, bulan, tanggal peristiwa.
Adanya beberapa versi tentang sejarah Sunan Kali Jaga tetapi kenyataannya yang banyak dikembangkan hanya versi jawa, sedangkan dua versi lainnya telah terjadi Distorsi tentang kisah anggota wali songo yang paling terkenal ini.
Menurut versi jawa , nenek moyang Sunan Kali Jaga dimulai dari Aryo Adikoro atau terkenal dengan nama Ronggo Lawe putra Aryo Wira Raja atau Banyak Wide putra Adipati ponorogo yang pada masa pemerintahan raja terakhir singosari Prabu Kertanegara.
by: RT alakhni81 LIHAT LENGKAPNYA KLIK DISNI

0 komentar:

Posting Komentar